Mungkinkah pensiun muda dan kaya raya?

Judul buku                          : Retire Young Retire Rich
Penulis                                 : Robert T. Kiyosaki
Penerbit                              : PT SUN Jakarta (2001)
Tebal buku                          : 453 halaman

Siapa yang ingin pensiun muda? Siapa yang akan berusaha pensiun muda?

Dua pertanyaan yang sekilas sama namun jawaban masing-masing sangat berbeda. Semua orang tentu menginginkan pensiun muda, tetapi tidak semua orang bisa bertahan, bersabar, dan menderita dalam usahanya meraih keinginan pensiun muda.

Ayah kaya menyebutkan bahwa selain bertahan dan bersabar,ada beberapa kunci penting untuk menjadi kaya yaitu

  1. Pengetahuan arus kas
  2. Daya ungkit melawan keraguan, ketakutan, dan kemalasan
  3. Daya ungkit menguatkan pikiran
  4. Pola pikir berinvestasi tidak berisiko
  5. Daya ungkit rencana menjadi kaya
  6. Daya ungkit tindakan

Daya ungkit bisa merupakan  kekuatan dan kekutan itu dapat bekerja membantu anda atau melawan anda.  Karena daya ungkit merupakan kekuatan, sebagian menggunakannya, sebagian menyalahgunakannya, dan yang lain takut terhadapnya. (hal. 5)

“Penyebab tidak sampai 5% dari seluruh orang Amerika kaya adalah karena hanya 5% yang mengetahui cara memanfaatkan kekuatan daya ungkit.  Banyak orang yang ingin menjadi kaya, gagal menjadi kaya karena mereka menyalahgunakan kekuatan itu.  Dan sebagian besar orang tidak menjadi kaya karena mereka takut terhadap kekuatan daya ungkit.”

Ayah Kaya

Daya ungkit tersedia dalam banyak bentuk.  Salah satu bentuk daya ungkit yang dikenal adalah daya ungkit uang pinjaman. Semua orang  mengetahui utang merupakan persoalan berat dari orang-orang yang menyalahgunakan bentuk daya ungkit yang kuat ini. 

Jutaan orang berada dalam kesulitan finansial karena kekuatan daya ungkit tidak digunakan dengan baik.  Karena konsekuensi penyalahgunaan daya ungkit utang, banyak orang yang sekarang takut  terhadap bentuk daya ungkit ini. (hal. 6)

Begitulah ayah kaya memeparkan tentang daya ungkit. Buku ini sangat menegaskan kekuatan daya ungkit sebagai kunci utama menjadi kaya. Daya ungkit bisa dikatakan mirip niat, bisa juga tujuan, atau menjadi alasan untuk bertindak mewujudkan keinginan kaya.

Semua orang bisa menemukan daya ungkitnya dari belajar dan pengalaman. Terutama belajar pendidikan finansial. Buku ini mengatakan sekolah-sekolah tidak mengajar pendidikan finansial yang dibutuhkan untuk menghadapi dunia orang dewasa.

Sekolah hanya mencetak karyawan atau orang yang professional dalam ahlinya. Makanya, lulusan terbaik jarang sekali menjadi kaya raya karena terdidik sebagai karyawan yang membantu orang menjadi kaya (pemilik usaha, pemerintah, dsb).

Keadaan tersebut juga sama terjadi di Indonesia. Sistem pendidikan membantu mencetak tenaga professional yang siap bekerja bukan membuat lapangan pekerjaan.  Beberapa ada yang berhasil menjadi pebisnis sukses, tetapi juga banyak sekali menjadi pekerja yang sukses.

Tiga Hal Mudah yang Dapat Dilakukan Semua Orang untuk Menjadi kaya

Melakukan hal untuk menjadi kaya itu sederhana dan mudah.  Hampir semua orang dapat melakukannya.  Ada tiga aset utama yang membuat orang kaya dan memungkinkan mereka untuk pensiun muda.  Ketiga aset itu adalah:

  1. Real estat
  2. Aset Kertas
  3. Bisnis

Tiga pola pikir yang membantu menjadi kaya

  1. Gantilah kalimat “Aku tidak bisa membelinya” dengan “bagaimana cara membelinya”
  2. Bedakan antara ‘utang kaya, pengeluaran kaya’ dan ‘utang miskin, pengeluaran miskin’
  3. Kemurahan hati: temukan usaha yang bisa membantu banyak orang

Ketiga hal ini sudah dipraktekan oleh Robert T. Kiyosaki dan istrinya. Mereka mengawali proses ini dengan kurun waktu 10 tahun. Selama 10 tahun tersebut, kekurangan keuangan menjadi makanan sehari-hari mereka. Setelah itu, uang terus mengalir dan melimpah meski mereka tidak bekerja.

“Yang membuat Kim dan saya bisa pensiun muda dan pensiun kaya adalah karena kami menghabiskan waktu kami untuk memperoleh aset bukannya bekerja untuk memperoleh uang.”

Robert T. Kiyosaki

Ketiga hal tersebut juga bisa diterapkan di Indonesia, tetapi membutuhkan waktu yang lebih lama jika rencananya tidak matang. Lalu, ada perbedaan kebijaksanaan pemerintah yaitu jaminan kesehatan dan jaminan makanan untuk orang yang tidak mampu.

Kedua orang tersebut hidup dinegara maju yang kesehatan, makanan (meski sedikit), hingga hunian (apa adanya) dijamin oleh pemerintah. Berbeda sekali dengan hidup Indonesia, kesehatan, makananan, dan hunian harus bergantung dengan diri sendiri.

Meski begitu, tiga hal tersebut masih bisa diterapkan di Indonesia. Tentunya sangat perlu dilandasi dengan terus belajar kosa kata keuangan, seperti: arus kas, utang, liabilitas, asset, dsb. Lalu ikuti seminar-seminar dan komunitas yang menunjang ketiga hal tersebut. Tentunya akan mengeluarkan biaya yang sangat banyak, tetapi ilmu dan pengalaman yang didapat juga lebih banyak.

Buku ini berbicara tentang menjadi bebas secara finansial.  Kim dan saya mencapai kebebasan itu dengan memiliki atau membangun aset . (hal. 16)

Bila menyangkut soal bagaimana kami melakukannya, yang akan saya katakan adalah bahwa sejak 1985 hingga 1994, Kim, Larry, dan saya berfokus pada tiga jalur ayah kaya menuju kekayaan luar biasa, yakni :

Meningkatkan keahlian bisnis

Meningkatkan keahlian manajemen uang

Meningkatkan keahlian investasi

(hal. 23)

Aset yang bekerja keras sehingga kami tidak harus bekerja.  Setelah bebas, kami cukup melanjutkan membangun portofolio kami dari tiga golongan aset itu, yaitu bisnis, aset kertas, dan real estat, menjadi portofolio raksasa. (hal. 16)

Kami penisun muda dan menjadi semakin kaya dengan menggunakan semua daya ungkit yang dapat kami gunakan untuk membangun aset-aset ini.  Kini aset-aset itu memberikan penghasilan yang semakin banyak sementara kami bekerja semakin sedikit.  Jika anda ingin melakukan hal yang sama, buku ini cocok untuk anda.  Buku ini ditulis untuk menolong anda menemukan kebebasan finansial anda sendiri, kebebasan dari pekerjaan yang menjemukan untuk mencari nafkah. (hal 16)

Semua orang berpotensi menjadi kaya raya dan pensiun muda. Terwujud atau tidaknya bergantung dengan apa yang dipelajari, pola pikir, dan tindakan. Buku ini mengulas semua tentang cara menjadi kaya berdasarkan pengalaman pribadi.

Semua tips sangat logis, efesien, tetapi kurang komplit. Pembaca  bisa menyempurnakannya dengan baca ketiga buku lainnya yaitu, tentang arus kas, membangun investasi, dan Rich Kid Smart kid.

Bahasa dan tulisannya sangat santai dan renyah, tetapi jauh dari standar tata bahasa. Penulis mengakui ini, oleh karena itu buku ini masuk nominasi best seller bukan best writer.

Penilaian review 9,5