Patah hati datang sepaket dengan kecewa. Ia juga mengajak, sedih, sakit, sesak sampai marah untuk  datang bersama-sama. Mereka beramai-ramai tiba dalam satu waktu dan sering tidak melihat waktu. Tak melihat kondisi hati lemah atau kuat, semua rasa masuk begitu saja menggoncang hati sampai terasa getarannya di kepala.

Semua patah hati membawa perasaan tidak enak. Ada harapan berubah menjadi kecewa. Semua usaha terlihat sia-sia. lelah tak bersemangat melanda. Terpuruk dan mendung menjadi teman setia. Ingin sekali mengusir semua rasa sakit patah hati tetapi raga tak berdaya.

Sekali lagi, patah hati memang tidak enak, tetapi hatimu masih kuat. Perasaan patah hati tanda hatimu akan naik tingkat. Buktinya, rasa sakitnya masih bisa diatasi. Malah menjadi kekuatan baru untuk menghadapi rintangan baru.

Apa Saja Aktivitas Mengatasi Rasa Sakit Patah Hati?

Pertama-tama luapkan semua sakit yang tertahan.

Semua emosi yang berdatangan akan membuat hatimu kewalahan. Jadi ,terima semua rasa sakit itu, lalu tuntun dan luapkan semua. Ceritakan kepada orang terdekat, bisa cerita dengan menangis, atau bisa dengan teriakan di alam terbuka.

Kehadiran orang terdekat membantu mengeluarkan semua sakit yang tertahan. Meluapkan semua sakit dapat melegakan hati yang kewalahan karena kepenuhan emosi. Setelah itu mandi atau wudhu  (bagi yang muslim). Bisa juga meneguk segelas air minum dengan perlahan.

Kedua aktivitas tersebut bertujuan membuat jeda, memberikan ruang untuk menenangkan hati dari semua gelombang emosi yang bergejolak. Lalu memberikan tanda kepada hati untuk bersiap-siap melakukan aktivitas selanjutnya .

Kamu tetap hebat dengan atau tanpa air mata. Hatimu sedang lelah, bersandar di bahuku lalu beristirahatlah.

teman senja

Langkah kedua, Menerima Kenyataan

Setelah hati bersiap-siap, langkah selanjutnya menerima semua kegagalan maupun kenyataan. Perlahan saja, tidak perlu cepat-cepat. Seperti fermentasi bakteri dan kedelai, keduanya butuh waktu untuk menjadi  makanan yang lebih enak yaitu tempe.

Meski air mata masih menangis, tetap ajak raga untuk bergerak ke arah positif atau produktif. Bisa dengan menata kamar, menyapu atau hal kecil menyirami tanaman. Kegiatan produktif membantu mengisi kembali aura nyaman ke hati sehingga menenangkan gelombang emosi.

Langkah ketiga, Mengakui Kenyataan

Kata lain dari langkah ketiga ini adalah ikhlas. Rasa ikhlas tak bisa didefinisikan. Hanya hatimu yang tahu sudah menerima lalu mengakui semua patah hati atau belum.

Menerima saja belum cukup untuk melegakan hati. Ada langkah ‘mengakui’ yang perlu dihadapi. Namun kenyataanya, mengakui lebih sulit daripada menerima. Mengakui kenyataan tak sesuai harapan membutuhkan bantuan bernama sabar.

Langkah Terakhir, Memperbaiki

Semua patah hati pasti ada penyebabnya. Entah karena penolakan, putus cinta, kekalahan, atau kegagalan. Semua hal yang sudah terjadi bisa diperbaiki. Bisa melalui jalan yang sama atau ganti arah jalan. Ambi pelajaran dari setiap kejadian. Bukan untuk senjata alasan menghindar tetapi sebagai senjata bertahan dan terus berjalan menghadapi segala rintangan.

Semua langkah tadi hanyalah opini, tentunya setiap hati punya cara sendiri untuk menghadapi. Jika berkenan, mari berbagi. Semoga setiap kata yang tersusun tak sempurna bisa menolong hati yang sedang patah.
#ODOPBatch7